Kepariwisataan di indonesia telah tumbuh dan berkembanng menjadi suatu industri yang berdiri sendiri semenjak sepuluh tahun terakhir. Namun sejauh itu penyebaran pengertian tentang kepariwisataan pada umumnya dan masalah marketing dalam kepariwisataan khususnya, belumlah banyak dikenal oleh ,masyarakat.
Buku ini memiliki pokok pembahasan, seperti apa itu pariwisata, motivasi perjalanan wisata, pengaruh pariwisata terhadap kehidupan sosial, gejala komersialisasi seni budaya dalam pariwisata, pariwisata dan lingkungan hidup, dan lain sebagainya.
Buku ini berisi pembahasan seperti, bahan baku industri pariwisata, penawaran suatu paket wisata, unsur-unsur suatu paket wisata, dan lain sebagainya.
Buku ini memiliki pokok pembahasan, seperti Gambaran suatu biro perjalanan, tenaga yang diperlukan, profesi pramuwisata, proses komunikasi, mengenal obyek dan atraksi wisata, tugas-tugas dasar pramuwisata dan lain sebagainya.
Buku ini disusun berdasarkan pengalaman penulis selama mengajar tujuh tahun pada Akademi Industri Pariwisata (AKTRIPA) di Bandung. Dalam buku ini penulis mencoba menguraikan apa dan mengapa pariwisata itu dan dijelaskan pula lebih mendalam konsep pariwisata sebagai suatu industri sejak bentuk dan sifat produk yang dihasilkannya. Selain itu, dijelaskan pula sarana-sarana pokok, sarana penunjang …